Peraturan Baru MotoGp 2013 – 2014

GP Komisi Disiplin Umumkan Aturan pada tahun 2013 & 2014

GP Commission announcement on 2013 and 2014 rules
Kamis, 20 Desember, 2012

Sportifitas dan Disiplin Peraturan

Telah diakui bahwa ada kebutuhan untuk mengatasi masalah pengendara yang terus-menerus diperingatkan atau dihukum karena membahayakan pengendara lain atau melakukan pelanggaran serius lainnya seperti marsekal menyerang atau pejabat lainnya. Untuk mengatasi masalah ini sistem baru Poin Penalti disetujui. Race Direction dapat sanksi pengendara dengan jumlah Poin Denda antara satu dan sepuluh. Hal ini dapat menjadi pengganti atau di samping sanksi lainnya. Poin akan “tot up” selama musim dan ketika batas tertentu mencapai sanksi tersebut akan diterapkan secara otomatis:

- Four Points – Mulai balapan berikutnya dari belakang grid.

- Tujuh Poin – Mulai balapan berikutnya dari pit lane.

- Sepuluh Poin – Diskualifikasi dari acara berikutnya.

Setelah sanksi sepuluh titik telah dikenakan maka poin reset ke nol. Poin tidak berlaku untuk musim berikutnya.

Beberapa perubahan prosedur awal telah disetujui:

- Pit pembukaan jalur akan disertai dengan bendera hijau di pintu keluar pit di samping lampu hijau yang ada.

- Tidak ada bendera merah dikibarkan di depan grid pada akhir lap.

- Penghangat Tyre harus segera dihapus pada layar setelah satu menit.

Setelah prosedur kualifikasi yang baru disetujui untuk kelas MotoGP, ini  juga diperlukan untuk menentukan kriteria untuk kualifikasi yang sebenarnya untuk mengambil bagian dalam lomba – aturan 107%. Akan diizinkan untuk mengambil bagian dalam sesi kualifikasi yang sebenarnya pengendara harus mencapai waktu yang lebih baik dari 107% dari pembalap tercepat dalam salah satu dari empat sesi latihan bebas. Hal ini tidak mungkin lagi untuk memenuhi syarat untuk perlombaan berdasarkan waktu yang ditetapkan dalam pemanasan. Pengendara yang ditunjuk sebagai pengganti untuk pengendara terluka setelah beberapa sesi latihan bebas telah terjadi dan belum mencapai 107% cut off masih akan diizinkan untuk berpartisipasi dalam Kualifikasi Praktek 1 di mana mereka harus mencapai waktu kualifikasi.

Kegagalan pengendara berpartisipasi dalam acara pertama mereka musim untuk menghadiri briefing FIM dapat menarik penalti namun akan tidak lagi mengakibatkan diskualifikasi otomatis.

Tanggung jawab untuk beralih pada lampu belakang merah dalam kondisi hujan sekarang terletak dengan tim. Tidak ada papan akan ditampilkan.

Hal ini tidak lagi menjadi syarat bagi tim yang akan diberitahu dan mengakui pengenaan naik melalui penalti akibat jump start. Persyaratan akan ditampilkan di garis start untuk pengendara dan disertakan pada halaman informasi dari monitor ketepatan waktu.

Tidak ada lagi denda minimum yang dapat dikenakan oleh Race Direction. Denda maksimum sekarang tetap di € 50,000.00

Teknis Peraturan

Kelas MotoGP 

Roda Karbon Komposit tidak diizinkan. (Seperti sudah terjadi untuk Moto3 dan Moto2).

Pengecualian diberikan kepada CRT entri tahun 2012 untuk memungkinkan penggunaan rem disk dari diameter yang berbeda dari 320mm ditentukan dalam peraturan tidak akan diperpanjang hingga 2013.

Pemakaian alokasi ban yang sudah direvisi akan diperkenalkan. Pada prinsipnya, pengendara akan menerima ban belakang tambahan dan “lunak” ban depan ditawarkan sebagai opsi pada tahun 2012, tetapi tidak digunakan, tidak akan lagi tersedia. Dalam hal ini, kecuali menyangkut alokasi nilai yang berbeda dari ban depan di sirkuit tertentu tertentu akan dibatalkan. Keputusan pada make up yang tepat dari alokasi akan diambil setelah tes resmi di Sepang pada bulan Februari 5-7.

Dalam konteks ini, pemasok resmi akan menyediakan  “lembut” untuk ban belakang untuk digunakan oleh entri CRT.

Efektif 2014:

Sebuah prosedur untuk homologasi dari “beku” spesifikasi mesin disetujui. Itu menegaskan bahwa peraturan ini tidak berlaku untuk entri CRT dan bahwa tim yang berbeda menggunakan merek yang sama dari mesin MSMA bisa memiliki mesin homologated dengan spesifikasi yang berbeda.

Efektif 2015:

Harga maksimum yang diijinkan akan dikenakan biaya untuk penyediaan rem dan suspensi akan dikenakan. Penyelidikan juga sedang dilakukan dengan maksud untuk biaya capping untuk “kontrak layanan” untuk produk yang sama.

 

Kelas Moto3 dan Moto2 

Moto2 kelas cepat-shifter sistem harus disetujui oleh Direktur Teknis.

Alokasi ban untuk kelas Moto2 berubah. Dalam pengendara masa depan akan memiliki jumlah maksimum yang tersedia sebagai berikut:

8 ban depan dari dua spesifikasi standar.

9 belakang ban dari dua spesifikasi standar

Spesifikasi yang sebenarnya akan ditentukan oleh pemasok resmi dan semua pembalap akan menerima alokasi yang sama.

Nomor balap depan di Moto3 dan mesin Moto2 harus memiliki pemisahan 10mm minimum antara angka dua digit. Latar belakang reflektif tidak diizinkan.

Efektif 2014:

Untuk memastikan bahwa tim di Moto3 dipasok dengan mesin dari spesifikasi yang sama pada harga yang wajar telah disepakati bahwa mesin akan dipasok melalui penyelenggara seri dan didistribusikan secara acak. Mesin tidak akan dikembalikan untuk pemeliharaan, tetapi setelah menyelesaikan jarak tempuh normal akan dipertahankan oleh tim untuk tujuan lain atau dijual di.

Diskusi terus tentang jumlah maksimum mesin diperbolehkan dan pemeliharaan, mesin rutin kecil yang akan diizinkan dan peraturan akhir akan diumumkan pada GP Qatar 2013.

Harga maksimum akan dikenakan untuk lengkap Moto3 mesin kelas dan harga maksimum akan ditentukan untuk chassis dan komponen utama untuk Moto3 dan mesin Moto2 kelas. Sekali lagi, peraturan akhir akan diumumkan pada GP Qatar 2013.

Semua Kelas

Efektif 2014:

Pada tahun 2013 Dorna akan memperkenalkan transponder ketepatan waktu baru yang akan memiliki kemampuan untuk menampilkan informasi dashboard tambahan untuk pengendara. Yang paling penting, ini akan mencakup kemampuan untuk menduplikasi sinyal bendera. Penggunaan dashboard yang kompatibel adalah wajib dari 2014 dan opsional pada tahun 2013.

Di kelas Moto2 penggunaan sensor Lambda diperbarui akan wajib

Efektif 2015:

Standar homologasi FIM untuk semua roda balap telah disetujui secara prinsip. Standar akhir akan diumumkan pada GP Qatar

Masalah lainnya

Komisi menegaskan penerimaan semua kelas MotoGP CRT entri dalam daftar 2.013 entri sementara.

Komisi menyetujui berbagai masukan MotoGP Wild Card :

Michel Pirro – Ducati – Jerez, Mugello dan Misano

Martin Bauer – Schwarz & Bronnen – Brno

Sebuah versi yang diperbarui secara rutin dari Grand Prix FIM Peraturan yang berisi teks rinci perubahan regulasi dapat dilihat pada:

http://www.fim-live.com/en/sport/official-documents-ccr/codes-and-regulations/